Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjelang Panen Tembakau Lombok 2019

Halo pecinta tembakau lombok, sekarang menjelang agustus 2019, tembakau di lombok mulai masuk musim panen. Tentunya sudah dinantikan oleh pelaku bisnis tembakau, dan juga pencinta setia tembakau lombok, semua bertanya bagaimana hasil panen tahun ini, apakah sesuai dengan di harapkan, dari segi kualitas, serta harga jual yang pas.

Kualitas Tembakau Lombok 2019
Untuk hasil tembakau tahun 2019 sebenarnya di prediksi oleh "peramal tembakau" akan adanya perdagangan yang bagus disertai kualitas yang baik, namun semuanya itu tetap mutlak di tentukan oleh kondisi alam dan semuanya kembali lagi tergantung Yang maha Kuasa, Jika Sang Pencipta mengizinkan maka kondisi alam tahun ini tepat untuk pertanian tembakau. Insyaallah.
berdasarkan pengamatan saya di lapangan, khususnya di daerah pertanian tembakau Lombok, dari segi cuaca dari bulan ramadhan sampai hingga menjelang bulan aagustus ini, tidak pernah di guyur hujan, bahkan sebelum bulan ramadhan pun , yang waktu itu jatuh bulan juni, dari awal januari hanya terdapat hujan sesekali, hingga juni -agustus tidak ada sama sekali hujan.
Sementara untuk masa perkembangan tumbuh tembakau juga di perlukan air untuk mempercepat proses tumbuh dan menghasilkan daun tembakau yang sehat dan normal, jadi bisa di bayangkan dengan musim yang di katakan kemarau panjang ini, petani akan kesulitan untuk merawat perkembangan pertumbuhan tanaman tembakau mereka, mengingat sebagian besar persawahan mengandalkan pengairan dari air hujan, walaupun sebagian bersyukur mendapatkan pengairan dari waduk atau sumur bor yang ada dengan jumlah sangat terbatas.



Dengan keadaan alam ynag seperti demikian, bisa di bayagkan hasilnya kebanyakan tanaman tembakau menjadi kurus, daunnya kecil dan sedikit, kalaupun ada yang tumbuh tinggi tapi daunnya kecil dan tipis, sehingga persentasi bobot tembakau keringnya menjadi ringan dibanding kondisi normal. Otomatis hal ini akan mengurangi hasil panen.

Hingga postingan ini saya terbitkan akhir bulan juli, panenan sudah di lakukan di daerah lereng rinjani, tembakau escort rajangan, di daerah suela.  namun daerah selatan atau utara lombok yang mayoritas tembakau virginia, masih dalam proses pertumbuhan di perkirakan akan panen di bulan 8-9 sebenarnya ini waktu yang tepat, menurut ahli tembakau.

Jadi di lombok masih punya kesempatan untuk memulai panen raya dengan hasil baik, semoga jelang panen raya itu kondisi cuaca lebih bersahabat, semoga Yang Maha Kuasa mengizinkan petani tembakau semua mendapatkan hasil yang baik. kita tunggu saja beberapa minggu kedepan

2 komentar untuk "Menjelang Panen Tembakau Lombok 2019"

  1. Mantap semeton
    Sy baru nemu artikel side ni, maklum baru mulai seneng ngelinting.

    BalasHapus
  2. Tembakau Kasturi super memang mantap, bolehkah kami menjadi reseller

    BalasHapus

JIka ada Pertanyaan seputar tembakau silahkaan hubungi tombol whatsapp disamping halaman ini.